Cari Blog Ini

Jumat, 14 Januari 2011

5 DINOSAURUS YANG TERKENAL


1}Ultrasaurus adalah dinosaurus kerabat Brachiosaurus yang terbesar dalam jenisnya. Ultrasaurus berwarna hijau cerah, ukuran tubuh mencapai 30 meter. Sama dengan kerabat-kerabat leher panjang lainnya, dinosaurus ini merupakan jenis herbivoraFosil paha yang ditemukan mencapai 9 meter.
















2}Stegosaurus [1] (diucapkan /ˈsteg.əˌsɔː.rəs/) artinya "kadal beratap", karena sisik besar di punggungnya (bahasa Yunani stego = piring/atap + sauros = kadal) adalah sebuah genusdinosaurus herbivora besar dari Awal Jurassic di Amerika Utara. Spesies ini adalah salah satu jenis dinosaurus yang paling mudah diidentifikasi, karena kedua baris sisik yang saling silang di punggungnya (dasar untuk nama ilmiahnya) dan 2 pasang duri panjang di ekornya (disebut thagomizer).
Paleontologis sempat memperdebatkan bagaimana sisik-sisik di punggung Stegosaurus tersusun.Karena sisik tersebut berada di atas lapisan otot punggung (paleontologis bahkan memperkirakan sisik tersebut memiliki pembuluh darah)maka saat Stegosaurus mati dah memfosil, sisik-sisik tersebut terlepas dan saling bertumpukan. Pendapat pertama mengatakan bahwa sisik Stegosaurus menutupi punggungnnya, pendapat kedua mengatakan bahwa sisik-sisik tersebut berdiri tegak dan saling bersebelahan dan pendapat terakhir yang paling disetujui adalah sisik-sisiknya berdiri tegk dengan posisi saling silang.
Satu hal yang sering menimbulkan salah paham mengenai Stegosaurus adalah rongga pada ujung ekornya. Dahulu paleontologis mengira bahwa rongga tersebut berisi otak Stegosaurus, sehingga menimbulkan anggapan bahwa Stegosaurus merupakan Dinosaurus yang pintar karena memiliki 2 otak. Belakangan diketahui bahwa anggapan tersebut adalag salah. Stegosaurus bukanlah Dinosaurus yang cukup pintar karena otaknya hanya sebesar bola golf dan rongga pada ekor Stegosaurus adalah tempat melekatnya otot-otot ekor yang sangat kuat, yang digunakan sebagai alat pertahanan diri dengan mengayunkan ekor berdurinya sekeras mungkin ke arah penyerangnya.Fossil skeleton, National Museum of Natural History

3}Tyrannosaurus rex (Tyrannosaurus, arti 'kadal yang kejam' / rex, arti 'raja) merupakandinosaurus jenis karnivora yang terbesar. T-rex dapat tumbuh sepanjang 12 meter (sekitar 40kaki)dan berat mencapai 7 ton . Dinosaurus ini memangsa dinosaurus herbivora besar sepertitriceratops dan edmontosaurus yang merupakan herbivora terbesar di saat itu. Selain itu tyrannosaurus juga diketahui memiliki salah satu gigitan terkuat dibanding hewan lain yang pernah ada.Meskipun tubuh dan kepalanya amat besar tyrannosaurus memiliki suatu kejanggalan, yaitu tangannya yang amat kecil. Tyrannosaurus kemungkinan memakainya untuk bangkit dari tanah saat berbaring. Selain itu ada sedikit bukti kalau mereka memiliki bulu. Tengkorak tyrannosaurus sendiri panjangnya kurang lebih 1,5 meter (sekitar 5 kaki)[1]. Rahangnya memiliki gigi yang amat besar sepanjang kurang lebih 15 cm (terbesar). Panjang tubuh monster ini kemungkinan sekitar 12-13 meter.T-rex dapat berlari hingga 70 km/jam,letak matanya pada kepalanya mirip dengan serigala.Tengkorak Tyrannosaurus rex, Palais de la Découverte, Paris.

4}Brontosaurus (yang berarti "kadal kilat" (dari bahasa Yunani brontē/βροντη artinya 'kilat' dansauros/σαυρος artinya 'kadal'), adalah sebuah genus dinosaurus sauropoda yang sudah tidak dipakai lagi. Spesies Brontosaurus excelsus dinamakan oleh penemunya Othniel Charles Marsh, pada tahun1879 dan nama ini tetap dipakai dalam literatur resmi sampai kurang lebih tahun 1974, meskipun sudah dikenal sebagai sebuah spesies dari genus yang telah disebut sebelumya, Apatosaurus, pada tahun 1903. Brontosaurus adalah dinosaurus yang mempunyai leher sangat panjang dan termasuk dinosaurus herbivora, panjang tubuh mereka bisa mencapai 26 meter dengan berat 32 ton, berat ini bisa melebihi 6 ekor gajah. Diperkirakan hidup di zaman Jura. Selain itu musuh utamanya adalahkarnivora besar seperti Allosaurus. Habitatnya biasanya di tepi danau dan di hutan. Namun, setelah beberapa tahun nama Brontosaurus diganti kembali menjadi Apatosaurus.Kerangka Brontosaurus oleh O.C. Marsh

5}Ichthyosaurus ("kadal ikan" - ιχθυς/ichthys berarti "ikan" dan σαυρος/sauros berarti "kadal") adalah kelompok reptil laut berukuran raksasa yang menyerupai ikan dan lumba-lumba. Mereka hidup selama era Mesozoikum; berdasarkan rekaman fosil, kelompok ini pertama kali muncul sekitar 245 juta tahun yang lalu, kemudian punah sekitar 90 juta tahun yang lalu (25 juta tahun sebelum kepunahan dinosaurus). Selama periode Triassic, ichthyosaurus berevolusi dari reptil darat yang beradaptasi untuk kehidupan di air. Ichthyosaurus sangat umum selama periode Jurassic, sampai peran mereka digantikan oleh plesiosaurus di periode Cretaceous. Ichthyosaurus termasuk ke dalam ordo yang dikenal sebagai Ichthyosauria atau Ichthyopterygia ('sayap ikan' - sebutan yang diperkenalkan oleh Sir Richard Owen pada tahun 1840, sekarang istilah ini digunakan untuk menamai klad leluhur dari Ichthyosauria)fosil dari spesimen Temnodontosaurus trigonodon, foto dari Staatliches Museum für Naturkunde Stuttgart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar